Senin, 17 September 2018

Jenis - Jenis Jaringan Komputer

A. Jenis - Jenis Jaringan Komputer

     Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data. Hubungan dua komputer atau lebih tersebut dapat terjadi melalui media kabel maupun nirkabel. Adapun data yang dikomunikasikan berupa data teks, suara, gambar atau video.



Hasil gambar untuk pengertian jaringan PAN


1. PAN (Personal Area Network)

    Personal area network (PAN) adalah jaringan telekomunikasi antara satu perangkat dengan perangkat yang lain dalam jarak sangat dekat, (hanya dalam beberapa meter saja). 
    Jaringan PAN ini adalah titik akses berbagai perangkat pribadi seperti komputer, laptop, telpon, tv, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, atau perangkat komunikasi publik seperti internet.
    Kontrol pada jaringan PAN dilakukan dengan authoritas pribadi. Adapun teknologi yang digunakan untuk membuat jaringan PAN antara lain adalah Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.
    Jaringan PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer atau laptop, seperti USB dan Firewire. Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network)PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan dari jaringan PAN umumnya hanya beberapa meter saja.  
Contoh : Bluetooth, Kabel data, Kabel jaringan, Wireless, Inframerah

a. Kegunaan Jaringan PAN (Personal Area Network)

    Menghubungkan beberapa perangkat seperti laptop, handphone dan komputer.
Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal).
Transper data antara perangkat pribadi.

b. Contoh Penggunaan Jaringan PAN

    Menghubungkan telepon genggam dengan Laptop (komputer) menggunakan Bluetooth.
Menghubungkan mouse dengan Laptop (komputer) menggunakan Bluetooth.
Menghubungkan Printer dengan Laptop (komputer) menggunakan Bluetooth.     
    Selain itu, Jaringan PAN merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. 

c. Kelebihan Jaringan PAN


Jaringannya Lebih Dekat dan Data maupun Informasi yang Diterima bersifat Rahasia 
Dapat Menukar Data Berbentuk File, Audio ,Dan Video tanpa Memakai Kabel 
- Komunikasi lebih Praktis tanpa Terganggu dengan Pengguna Lain
- Para Peretas kemungkinan Bisa Terdeteksi untuk Keamanan Data Begitu Juga Virus 

d. Kekurangan Jaringan PAN

Karena Sifatnya Dekat maka Pengguna Jaringan ini tidak dapat Melakukan Komunikasi dengan Banyak dengan lokasi yang jauh
Sangat Bergantung pada Sinyal
Tidak dapat Mengirim File Sekaligus 


Gambar terkait


2. LAN (Local Area Network)

    Local Area Network atau jaringan LAN adalah sebuah jaringan komputer yang mempunyai cakupan wilayah jaringan yang sangat kecil. cakupan wiyah jaringan lokal hanya meliputi jaringan kontor, jaringan lab komputer, jaringan di sekolah, jaringan di kampus, jaringan dirumah atau hanya satu gedung saja.
     Jaringan LAN biasanya akan menghubungkan beberapa komputer dalam satu wilayah yang jaraknya berdekatan, misalnya komputer yang ada di ruang tata usaha dengan komputer yang ada di ruang kepala sekolah, atau menghubungkan beberapa komputer dalam 1 laboratorium sehingga perpindahan dan pertukaran data dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Radius jarak maximal LAN adalah 10 km.
Contoh : Router, Hub, Switch, Wireless, Modem

a. Kegunaan Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN atau jaringan lokal berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu lokasi agar bisa terhubung satu sama lain sehingga akan memudahkan pertukaran data dan mempercepat proses kerja. Dengan adanya jaringan lan ini semua pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah karena kita bisa mengakses data dari komputer mana saja, selain itu jaringan lan juga akan menghemat biaya karena perangkat yang ada pada jaringan LAN dapat digunakan secara bersama-sama dengan menggunakan teknik sharing misalnya sharing printer, sharing file dan lain-lain

b. Contoh Penggunaan Jaringan LAN

Kerja LAN dapat diartikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung/lokasi, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkansemua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub/switch, akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN

c. Kelebihan Jaringan LAN

Keamanan lebih Terjamin karena IP Lokal hanya Terhubung sebatas Switch kemudian Router
Dapat Melakukan Penggunaan Sumber Daya Secara Bersama - Sama Tidak Banyak Penggunaan Kabel
-Sistem yang Terhubung ke Terminal Lebih Banya
- User Intarfarce yang digunakan adalah Fasilitas yang Baku 

d. Kekurangan Jaringan LAN

- Jika Banyak PC yang terhubung Jaringan LAN akan Melambat
Sistemnya Menggunakan 1 Jaringan Maka Masih ada Kemungkinan Jaringan Bisa Di Retas 
Jika Salah 1 PC yang Terhubung terkena Virus Maka PC yang Tersambung dengan LAN tersebut juga akan terkena Virus 
Software harus Dirancang untuk Multi User
LAN begitu Lambat di Speed Modemnya


Hasil gambar untuk wan

3WAN (Wide Area Network)

  WAN merupakan salah stu konsep implementasi dari sebuah jaringan komputer, yang merupakan kependekan dari Wide Area Network. Sesuai dengan namnya, WAN merupakan sebuah implementasi jaringan komputer yang sifatnya luas. Beberapa sumber mengatakan bahwa jangakauan dari sebuha jaringan WAN itu adalah jangkauan antar pulau, antar propinsi, antar Negara dan juga antar benua. Jarak yang bisa ditempuh oleh suatu jaringan WAN berkisar pada 100 KM – 1000 KM.
Contoh : Satelit, Wireless, Bridge, Hub, Switch

a. Kegunaan Jaringan WAN (Wide Area Network)


WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

b. Contoh Kegunaan Jaringan WAN

Contoh WAN adalah jaringan Internet. Jaringan internet menghubungkan berbagai kota, wilayah dan dengan negara satu dengan yang lain.

c. Kelebihan Jaringan WAN

Dapat Berbagi Software dan Resources Dengan Koneksi Workstations
Bisa Diakses dengan Jangkauan Geografis yang Luas 
Berbagi Informasi / File melalui Area yang Lebih Cepat
- Pesan dapat Dikirim dengan Cepat kepada Orang lain pada Jaringan ini


d. Kekurangan Jaringan WAN


- Biaya Operasional yang Mahal dan Umumnya Lambat
- Rentan Terhadap Peretas atau Ancaman dari Luar 
- Memerlukan Firewall yang Baik untuk membatasi Pengguna Luar yang Masuk ke Jaringan
- Informasi tidak dapat Memenuhi Kebutuhan Lokal / Kepentingan 


Hasil gambar untuk jaringan mAN

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoranpemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km.
Contoh : Router, Hub, Switch, Wireless, Bridge

a. Kegunaan Jaringan MAN (Metropolita Area Network)


Untuk membangun & Implementasi sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server guna untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan suatu jaringan yang dipergunakan yang sehingga bisa melakukan kegiatan seperti chat, messenger, video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.


b. Contoh Kegunaan Jaringan MAN

MAN (metropolitan area network) merupakan jaringan yang cakupannya lebih luas dari LAN jadi dapat juga dikatakan jaringan yang menghubungkan dari beberapa LAN.
Misalnya hotspot graha taruna yang mencakup LAN taruna tingkat 1 LAN taruna tingkat 2 dan LAN taruna tingkat 3 cakupannya sehingga memungkinkan memudahkan pengawasan oleh para pengasuh akpol untuk mengawasi/ membatasi penggunaan jaringan internet seluruh taruna di masing-masing detasemen oleh perwira piket.

c. Kelebihan Jaringan MAN




  • - Server Kantor Pusat dapat Berfungsi Sebagai Pusat Data Kantor Cabang
  •  -Informasi dapat disebarkan Lebih Meluas dan Cepat
  • - Transaksi yang Real Time
  • - Komunikasi antar Kantor bisa menggunakan Email dan Chatting 

  • d. Kekurangan Jaringan MAN

  • - Biaya Operasional Mahal
  • - Instalasi Strukturnya tidak Mudah 
  • - Jika Sebuah Komputer Pribadi digunakan sebagai Terminal , Memindahkan File membolehkan  Pengguna untuk Mengambil File dari Host atau Mengirimnya ke Host
  • - Rumit Jika Terjadi Masalah pada Jaringan ( Trouble Network ) 



  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Topologi Jaringan Komputer

    Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer Topologi jaringan komputer   adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan ...

    Jaringan Komputer